Menjadi Content Creator yang Sukses

 

Nama Raditya Dika dikenal sebagai seorang pionir content creator di kanal Youtube sejak tahun 2007 bersama Youtuber Indonesia lainnya seperti Edho Zell, Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez, dan Reza Arap. Kemunculan mereka kemudian memberi angin segar kepada para pekerja kreatif untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang serupa, yaitu menjadi seorang content creator.

Terhitung sampai saat ini, banyak content creator baru yang bisa menunjukkan bakat dan kemampuannya diberbagai platform, tidak hanya terbatas di Youtube saja. Content creator mulai merambah ke media sosial lainnya seperti instagram dan TikTok.

Lalu apa saja sebenarnya pekerjaan yang dilakukan oleh seorang content creator? Bagaimana caranya bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi seorang content creator? Pembahasan dibawah ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sekaligus menguraikan tentang kemampuan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content creator serta apa saja prospek kerja yang bisa didapatkan oleh seorang content creator. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Content Creator?

Content creator merupakan seseorang yang membuat konten berupa informasi yang memiliki nilai edukasi dan hiburan di media digital dengan target audiens tertentu. Seorang content creator pada umumnya membuat materi berupa tulisan, gambar, atau video di berbagai media digital seperti youtube, instagram, Tiktok, Twitter, dan lainnya sebagai seorang influencer, vlogging, podcasting, dan lainnya.

Tugas seorang content creator adalah memberikan informasi baik kepada para audiens dengan mengumpulkan ide-ide menarik, mengolahnya dengan riset dari berbagai literasi, kemudian menciptakan konsep yang cocok dengan visi dan misi dari konten yang diharapkan.

Seorang content creator membutuhkan banyak keahlian yang bisa didapatkan dari pendidikan formal dan otodidak, profesi ini akan sangat cocok dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam industri kreatif, karena kunci utama untuk menjadi seorang content creator adalah bisa membaca kebutuhan pasar dengan mengikuti trend terbaru yang sedang disukai oleh target audiens.

Selain mengikuti trend, seorang content creator juga butuh pengetahuan dasar mengenai teknik, peralatan, dan prinsip-prinsip desain untuk menghasilkan sebuah output konten yang menarik, content creator harus bisa multitasking dalam melakukan berbagai hal, baik hard skill dan juga soft skill.

 Langkah-langkah Menjadi Content Creator yang Sukses

Untuk menjadi seorang content creator yang sukses, salah satu caranya adalah dengan fokus pada tujuan awal saat memulai membuat konten. Ada target audiens yang harus dibuat tertarik dengan konten yang dibuat, kemudian mulai jalin ikatan dengan audiens, dengan begitu konten-konten yang diproduksi akan memiliki pasarnya sendiri secara organik. 

Nah untuk membuat konten yang dibuat selalu konsisten yang menarik perhatian audiens ada beberapa cara yang bisa dilakukan, simak langkah-langkahnya seperti berikut.

  • Pelajari dan Fokus pada Audiens Tertentu

Salah satu cara untuk mendapatkan banyak audiens adalah dengan mempelajari perilaku audiens itu sendiri, seorang content creator harus memiliki konten yang terus mengikuti pola keinginan dan kebutuhan para penontonnya.

Selain mempelajari kebutuhan dan keinginan audiens, content creator juga harus terus menyesuaikan kreativitasnya sesuai dengan fokus konten yang diproduksi. Misalnya seorang content creator yang fokus pada konten beauty influencer di youtube, mereka harus selalu membuat konten berupa beauty content, seperti tips make up, review beauty product, dan hal-hal yang relevan dengan fokus kontennya, sehingga para audiens akan selalu menonton channelnya.

  • Membuat Konten yang Berkualitas

Seorang content creator juga dituntut untuk bisa memproduksi konten-konten yang berkualitas, mereka harus memiliki kesadaran penuh bahwa konten yang mereka bagikan adalah tanggung jawabnya sendiri, konten yang mereka produksi secara luas akan dilihat oleh banyak kalangan dan sebagian akan membawa pengaruh pada penontonnya.

Maka dalam membuat konten di media manapun, seorang content creator butuh riset dari berbagai literasi yang valid dan terpercaya, buat konten yang tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi menambah kualitasnya dengan informasi bermanfaat dan sarat edukasi.

  • Update dengan Trend yang Sedang Diminati

Agar bisa bertahan menjadi content creator yang mendapatkan keuntungan dari konten-konten yang diproduksi, butuh kerja keras yang tidak berkelanjutan. Seorang content creator harus memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai macam hal yang terjadi di fokus industri yang digeluti.

Misalnya seorang content creator yang fokus pada industri mode, mereka harus selalu mengupdate informasi terkini tentang trend fashion yang sedang populer di dunia. Buat para audiens betah menikmati konten-konten yang dihadirkan dengan selalu memperbaharui terus informasi tentang minat yang mereka sukai.

  • Membuat Konten Secara Rutin

Memproduksi sebuah konten tidak bisa dianggap main-main, jika ingin menjadi seorang content creator yang sukses maka harus sadar tentang pentingnya konsistensi dalam mengembangkan sebuah konten.

Buatlah jadwal unggahan secara rutin sehingga saat ada satu konten yang disukai oleh para audiens mereka akan menemukan konten relevan dari satu akun yang sama, teknik ini bisa dijadikan sebagai cara menjaring basis audiens setia.

  • Lakukan Kolaborasi dengan Content Creator Lain

Sangat jarang menemukan seorang content creator yang sukses tanpa melakukan kolaborasi dengan content creator lain. Buatlah jaringan dengan content creator baik itu yang memiliki fokus yang sama atau lintas tema, cara ini banyak dilakukan pada konten-konten yang diunggah di Youtube untuk menambah jumlah viewer dan subscribers.

Skill yang Harus Dimiliki oleh Seorang Content Creator

  • Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa untuk menjadi seorang content creator butuh banyak kemampuan yang harus dikuasai. Beberapa diantaranya adalah skills seperti berikut.
  • Kemampuan melakukan riset (Research Driven) 
  • Membutuhkan ide dan proses kreatif
  • Fleksibel untuk mempelajari banyak hal
  • Kemampuan multitasking
  • Kemampuan menganalisis sebuah
  • Kemampuan menganalisis data-data digital
  • Keahlian pengorganisasian dan scheduling
  • Kerjasama dan kolaborasi

Prospek Kerja Seorang Content Creator

Dalam dunia yang mulai bergeser menggunakan semua hal yang serba digital, keputusan menjadi seorang content creator membuka peluang kerja yang sangat luas. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang content creator.

  1. Youtuber

Banyak sekali jenis konten yang bisa diunggah di media youtube, mulai dari menjadi seorang food vlogger sampai menjadi film reviewer, ada penghasilan yang bisa didapatkan saat konten yang diunggah mendapatkan viewer banyak dengan berbagai cara tertentu, baik itu kesempatan kerja sama atau pendapatan iklan langsung dari Youtube.

  1. Instagram Influencer

Saat ini banyak selebgram yang memperoleh pendapatan fantastis dari membuat konten-konten di instagram, mereka akan memberikan atau mendapatkan tawaran bekerja sama dari brand-brand tertentu untuk menjadi media partner. Sekali ungguh para selebgram ini bisa mendapatkan harga yang cukup tinggi.

  1. Vlogger

Untuk para content creator yang menyukai kegiatan tertentu, menjadi seorang vlogger juga bisa menjadi pilihan tepat. Tentukan minat di satu bidang kemudian kembangkan dengan gaya penceritaan yang kreatif, misalnya untuk yang suka berpetualang buatlah channel Youtube yang fokus pada kegiatan jalan-jalan ala travel vlogger.

  1. Penulis

Content creator tidak hanya terbatas pada pembuatan konten-konten visual saja, banyak juga yang membutuhkan seorang content creator yang fokus pada dunia kepenulisan. Mereka bisa mengawali karirnya sebagai seorang blogger kemudian mengembangkan kemampuannya menulis di media-media online menjadi content writer.

Ingin menjadi seorang Content Creator? Ikuti kursus Content Creator kami!

 

Kirim Pesan
Optima Tech Academy
Terima kasih telah menghubungi kami. Untuk pertanyaan bisa klik kirim pesan.